Thursday, 18 October 2018

Cara membuat ulat-ulatan dari janur

Ulat-ulatan atau orang jawa bilang uler-uleran ini, biasanya di jadikan hiasan pada pembuatan gagar mayang / kembar mayang yang biasa di gunakan dalam ritual pernikahan adat jawa, khususnya buat pengantin yang masih lajang (belum pernah nikah) dan perwan untuk mempelai wanitanya.

Cara buatnya juga rada rumit, susah-susah gampang. Penasaran? Lihat video saya di bawah ini.


Lihat secara cermat dan perlahan-lahan, lalu praktekan. Kalo kurang jelas bisa di puter berulang-ulang.

Hehehe ...

Kalo punya channel youtube juga, jangan lupa subscribe, like, dan komennya.

Biar saya subscribes balik.

Oke bro, selamat mencoba ...

Bae bae.

Tuesday, 15 May 2018

Happy berhtday to me ... (Tengkyu kang djaka)

Happy birtday to me, haha ... Nunggu ada yang ngucapin mungkin hanya mimpi kali ya? Jadi ya ucapin sendiri aja 😀😀😀

Buku jejak asmara

Inilah hari jadi lahir saya yang mungkin bisa di katakan berkesan, kenapa demikian? karena di hari lahir saya kali ini ada sesuatu hal yang spesial.

Iya sih, tanggal kelahiran saya mungkin sudah terlewat jauh beberapa hari yang lalu. Tapi nggak ada salahnya juga kan saya rayain sekarang? hehe ...

Emmm ...

Jadi begini, berawal dari guyonan-guyonan dua insan tua yang masih punya jiwa muda di sebuah grup WA di mana tempat mereka tinggal.

Dengan gaya sok ke ABGe-ABGean inilah hasil chat mereka ...





Hehe ... Nggak pada paham ya? Iya itu chat make bahasa jawa, intinya sih (buat yang nggak paham) itu kang djek ngasih ucapan selamat ulang tahun buat saya dan bermaksud untuk ngasih hadiah sebuah buku hasil karyanya.

Mulanya sih saya nganggepnya itu cuma guyon atau bercanda saja, tapi ternyata ...

Di japri (jalur pribadi) dia ngirim pesan lagi,  "kang no kirim alamat lengkapnya ya ..."

Wah ... dia serius ternyata, pikirku.

"oke kang ..." jawabku tanpa menunggu lama, hehe ... maklumlah saya kan Asli produk dalam negeri, jadi jangan heran kalau suka yang gratisan!!!

Wkwkwkwk ...




Bukunya sendiri ada 132 halaman, yang tersusun dari beberapa lembar  sub judul dari, Kata pengantar, Daftar Isi, Tentang penulis, Tentang pataba, Buku-buku lain terbitan pataba press sampai Buku-buku press yang akan terbit.

Dari daftar isinya, ada 14 judul cerita yang bisa kita nikmati, yang  sangat menarik dan inspiratif tentunya.

Jujur sih, belum semuanya sempat aku baca, tapi dari sebagian yang sudah saya baca, saya bisa menyimpulkan bahwasanya buku ini (sajak asmara) terbilang sangat bagus. ya ... dari segi bahasa, cara penggambaran tokoh dan suasananya terasa begitu nyata.

Untuk yang mungkin punya hobby menulis dan pengen tulisanya juga bisa di terbitkan menjadi sebuah buku, mungkin buku karya kang djaka artub ini bisa juga di jadikan sebagai bahan  referensi. untuk bisa mengetahui seperti apa sih tulisan atau gaya bahasa yang seperti apa sih, yang layak terbit?

Bagi yang penasaran dan pengen memilikinya, bisa menghubungi langsung atau mengunjungi blognya dan tanya-tanya di arektuban.com

Dan sekali lagi saya cuma bisa ngucapin terima kasih, terus berkarya dan semoga sukses.

salam,

Sunday, 22 April 2018

Pikir saiki, ojo pikir keri

Jamane jare jaman kemajuan, jare opo opo wes ono ning genggaman, wong uripe wes rapodo kekurangan, rabingung anggone golek gawean, tapi ngopo kok seh ono brita kerampokan, kemalingan, karo kelaparan?

Tak pikir karo sarapan, opo terah bener opo cuman slogan, nek wong indonesia iku ramah lan sopan sopan, omongane alus ora tau gae jengkele liyan, tapi ngopo kok sik ono wong gasak gasak an, tujes tujesan, tonyo tonyoan?

Ngopo to yo yo ... Gek yo nyangopo?

Opo nek wes dwe tato soko besetane gaman, dadi preman, di segani wong liyan njurr urip iso mapan?

Tangan di keplokne, sego kare metu dewe ... Driji di petetne, kopi langsung di suguhne ...

Welah penak timen uripmu le le ...

Wahaha ....

Mangkane to mangkane, ojo turu sore-sore ben ra gladrah mimpine!!!

Sawangen to kae sawangen le, mbahe wes rakuat mlaku dewe, nguyuh yo trimo sukur di thurne, omongane yowes rapati cetho di rungokne.

La terus piye?

Lambuh, pikiren dewe!!!

Tapi ojo di piker keri, kudu pikir sak iki, ben ra getun mburi ...

Okey ...
Powered by Blogger.

Penginthil