Bingung mau nulis apa di blog?



Bingung mau nulis apa?

Memang ...

Menjadi penulis di blog itu gampang-gampang susah. kalo pas ada ide nulis, ringan rasanya jari-jari ini menari di atas papan ketikan. tapi kalau ide lagi gak ada babar blas alias kosong blong, walah ... tangan sampai kesemutan pun layar tetep putih mulus tanpa noda.

hehe ...

Ngeblog itu ... yang perlu di perhatikan dan siapkan adalah (menurut saya), sebagai berikut ...


  • Yang pertama adalah hoby... sebagai bloger tentu inilah hal yang paling mendasar. tanpa ada hobby  saya yakin blog gak akan bisa terus eksis, entah itu hobby baca, nulis/corat-coret, ngayal, nglamun, jalan-jalan, atau apa sajalah ... sebab, hobby inilah yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan tema blog kita nantinya. 

  • Yang ke-dua adalah menentukan tema. Nah ... penting buat bloger untuk menentukan/mengambil satu tema untuk blognya, tema blog bisa kita ambil dari keahlian dan hobby kita. semisal kita ahli dalam bidang elektronik ambil saja tema yang berhubungan dengan elektronik atau kita punya hobby  jalan-jalan, tema yang tepat saya rasa adalah  ya... menceritakan pengalaman jalan-jalan itu sendiri. Apapun temanya, tentukan satu tema saja kalau gak pengen ribet dan ruwet.

  • Yang ke-tiga adalah motivasi, apa sih motivasi kita membuat blog?  uangkah, ketenarankah, hiburankah atau apalah itu?  terserah ... yang penting bisa menjadi pemompa semangat kita,  tanpa ada motivasi jelas semangat akan lekas kendo, loyo, dan akhirnya blog jadi terbengkalai begitu saja, sayangkan? 

  • Ke-empat siapkan mental, jangan minder atau malu-malu. biasalah ... dunia maya, kejam!!! hehe ... kalaupun ada kritikan jadikan itu sebagai guru untuk nantinya bisa menjadi yang lebih baik lagi. teruslah maju jangan gentar dan putus asa, tunjukan pada dunia bahwa kamu bisa!!!

  • Ke-lima adalah kemauan, apalah arti ke-empat poin di atas tanpa ada kemauan?


Mungkin inilah poin-poin dasar dalam membangun sebuah blog, yang jelas jangan sampai kita jadi tertekan karnanya, enjoy aja ... biarkan semua mengalir apa adanya.

Tuangkan semua, apa saja ... apapun itu ...

Niscaya kita tidak akan kehabisan bahan buat ngisi blog, dan yang perlu di ingat lagi adalah ... ini dunia maya bung!!! hati-hati dan waspadalah, tetap jaga kesopanan dan jangan lupakan norma.

Salah bicara, penjara menanti anda ...

ingat ... ingat ... ting...

hehehe ...

Dan akhirnya, kalau ada yang mau nambahin? monggo ...

Comments

Popular posts from this blog

Happy berhtday to me ... (Tengkyu kang djaka)

Pikir saiki, ojo pikir keri

Kumpulan mak mak